Minggu, 01 Mei 2016

TIPS MENULIS NOVEL

     



          Hai, siang ini saya akan memposting tentang Teknik Cara Menulis yang baik dan Benar. Sobat yang suka nulis pasti pengen tahu kan caranya gimana? :D sebenarnya banyak sekali cara yang dapat kita tempuh untuk menciptakan novel yang baik dan enak dibaca. Tapi... Menurut survey, tips-tips berikut adalah cara yang sering digunakan oleh banyak orang termasuk penulis-penulis terkenal lainnya. Langsung saja yuk simak tips-tips berikut ini :) 

  • SATU   
          Tulis apa yang Anda ketahui. Ya. betul sekali. Tulis saja apa yang kita ketahui. bisa saja tentang pengalaman kita ataupun kisah inspirasi dari orang lain. Tetapi syaratnya kita harus bisa memahami pengalaman tersebut.

  • DUA

      Jangan tulis semua yang Anda tahu. Tulislah setiap karakter sampai terlihat senyata mungkin. Sebab pembaca Anda tidak ingin membaca profil biografi lengkap dari setiap karakter. Tulislah secukupnya, sesuai dengan keperluan cerita saja. 


  • TIGA

        Jangan hanya menyebutkan tapi buatlah adegan. Misalnya Anda ingin menulis tentang rumah tangga yang bermasalah. Sang Ibu mengetahui sang bapak telah berselingkuh dengan wanita lain. Terjadilah pertengkaran hebat antara suami istri. Buatlah adegannya. Tampilkan juga bahasa tubuh mereka


  • EMPAT
       Tulislah ringkasan novel Anda dalam satu paragraf. Jika Anda merasakan kejanggalan dalam menulis ringkasan itu berarti ide-ide Anda belum cukup terfokus. Dan Anda harus menambahkan kekurangan itu.

Nah begitulah tipsnya :)  semoga bermanfaat bagi kalian, termasuk bagi penulis pemula seperti kita. Happy Writing Guys!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar