Minggu, 22 Mei 2016

POT BUATAN UNIK :)

Berikut ini langkah-langkah cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa pot bunga unik karya sendiri :


Langkah pertama yaitu menyiapkan semua bahan dengan bahan utama semen dan pasir.  Alat bantunya yaitu wadah plastik, kuas, gelas, minyak sayur, dan air.

Setelah semua bahan siap, ambil sebuah wadah dari bahan plastik fleksibel. Usahakan memakai wadah plastik yang bentuknya sedikit unik dan tidak biasa. Untuk ukuran wadahnya terserah selera anda masing-masing.

Selanjutnya oleskan minyak sayur pada bagian dalam wadah plastik dengan menggunakan kuas secara merata. Tujuannya adalah agar campuran adonan semen yang akan dicetak di wadah plastik ini nantinya tidak lengket saat sudah kering.


Setelah seluruh permukaan bagian dalam wadah plastik seluruhnya diolesi dengan minyak sayur secara merata, sekarang siapkan sebuah gelas.

Oleskan juga minyak sayur secukupnya pada bagian luar gelas hingga permukaannya rata terkena minyak sayur. Gelas ini nanti fungsinya sebagai cetakan bagian dalam pot.


Langkah selanjutnya adalah menyiapkan adonan pasir dan semen. Campurlah pasir dan semen secukupnya, jangan lupa menambahkan sedikit air. Untuk takaran semen dan pasir bisa dikira-kira sesuai kebutuhan.

Setelah adonan semen dan pasir siap, tuang sedikit adonan ke dalam wadah plastik. Tuang sedikit saja, kira-kira 1/4 dari tinggi wadah. Kemudian letakkan gelas ke tengah-tengah wadah plastik yang sudah terisi sedikit adonan. agar gelas tidak bergoyang-goyang, bisa ditindih dengan batu kecil.

Setelah itu silahkan isi kembali wadah yang tengahnya diberi gelas, dengan adonan sampai wadah hampir penuh. Ratakan permukaan adonannya hingga rapi, dan biarkan hingga adonan kering. Jika memungkinkan bisa dijemur di bawah sinar matahari supaya cepat kering.


Jika adonan telah benar-benar kering, gelas dan wadah plastik bisa dilepaskan secara perlahan-lahan. Nah pot bunga dari semen buatan sendiri pun sudah jadi dan siap dipakai.


Mudah bukan cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa pot unik ini. Setelah ini anda bisa membuat lagi beberapa pot bunga dengan bentuk cetakan dan ukuran yang berbeda-beda, hingga terkumpul beberapa buah pot unik beraneka bentuk.


Dan pot bunga yang sudah jadi bisa dipakai untuk bertanam beberapa tanaman bunga atau bahkan sayuran seperi bawang, seledri, wortel, dan beberapa tanaman kecil lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar